Senin, 23 September 2013

Tips Belajar Agar Cepat Masuk Ke Otak

1. REFRESH YOUR MIND
Otak yang fresh adalah yang paling utama, karena biasanya jika otak kita jenuh pelajaran akan terasa sulit untuk di cerna, maka sebelum belajar berwudhulah, lalu dilanjutkan dengan do'a agar apa yang kita pelajari dapat bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amiien. . .
2. STEP BY STEP
Hindari SKS (Sistem kebut semalam), belajar mendadak bukanlah cara yang efektif ibarat botol air yang akan tumpah jika di isi dengan air sekaligus. Beda halnya jika di isi sedikit demi sedikit maka airnya akan memasuki botol dengan mudahnya. Artinya, belajar sekaligus akan mudah lupa tapi jika belajarnya sedikit demi sedikit akan selalu tersimpan dalam memori kita.
3. UNDERSTANDING THE LESSONS
Belajar itu memahami bukan sekedar menghafal dan menjawab soal soal latihan. Yapz.. Itu benar, karena fungsi pertama belajar adalah untuk memahami hal hal baru. Kita boleh hafal 100%, mengetahui 'words by words'. But... The most important is understanding. Sudahkah kita faham dengan materi materi yang kita hafal? So, sebelum menghafal usahakan terlebih dahulu unvk memahami garis besarnya.
4. MAKING NOTE AND CONCLUSION
Belajar yang efektif adalah dengan cara membaca ulang kembali pelajaran dengan membuat catatan dan kesimpulan dari apa yang telah kita pelajari. Logikanya, dengan merangkum pelajaran berarti kita telah memahami materi, dan jika kita telah memahami materi berarti kita telah mendapat poin dari setiap materi. Dengan itu, materi pelajaran akan mudah tersimpan di otak kita, bukan?
5. CHOOSING IDEAL TIME FOR STUDY
Pilihlah waktu yang dapat mempermudah kita dalam memahami materi. Karena waktu dan suasana tempat sangat mendukung proses belajar kita.
6. CONSISTENCE
Usahakan untuk selalu menyediakan waktu belajar dengan cara membuat time table, sebisa mungkin jadwal yang telah kita buat di lakukan dengan istiqomah. Walau sulit tapi inilah tugas kita sebagai Mahasiswa yaitu mempelajari hal hal yang baru. Secgai mana ungkapan berbunyi: "do the best you can do and be the best you can be". Semua orang bisa jika melakukannya dengan istiqomah. Coba kita lihat, tetesan air saja bisa memecahkan batu jika dilakukan secara terus menerus. Sama halnya dengan matahari yang jika di fokuskan ke kertas, maka lama kelamaan kertas tersebut akan terbakar. Semua hal akan terasa mudah jika kita melakukan terus menerus.


..semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TANPA JUDUL

Kenapa harus tanpa judul?? Ya suka suka gue dong, haha.. Tau ah gelap, aku bingung mo ngasih judul apa, ya daripada blank.. Gak ada judul s...